Sabtu, 28 Juli 2012

Sisa-sisa Dapur Purba Ditemukan di China


Sisa-sisa dapur purba, berupa tembikar berbahan tanah liat, ditemukan di Gua Xianrendong, Provinsi Jiangxi China.
Ilmuwan mengungkapkan, tembikar yang ditemukan berusia 20.000 tahun dan merupakan tembikar tertua yang ditemukan di dunia. Tembikar sebelumnya yang diklaim tertua berusia 2.000-3.000 tahun lebih muda.
Ofer Bar-Yosef, arkeolog dari Harvard University yang terlibat penelitian, mengatakan bahwa tembikar diduga menjadi bagian dari dapur purba karena memiliki cekungan yang diduga digunakan untuk memasak.

"Apa yang mungkin terjadi di China adalah pembuatan tembikar dimulai dari 20.000 tahun lalu dan tak pernah berhenti," kata Yosef seperti dikutip The New York Times, Kamis (28/6/2012).

Menurut peneliti, penemuan tembikar ini sekaligus mengungkap karakteristik masyarakat China dibanding masyarakat di belahan dunia lain.

"Dapur China selalu berbasis pada proses memasak dan mengukus. Mereka tidak pernah membuat roti seperti di wilayah Asia lainnya," ungkap Yosef.

Masyarakat yang memakai tembikar ini diduga masih berburu dan meramu. Pertanian di China baru dikenal 10.000 tahun lalu.

China berbeda dengan wilayah Timur Tengah. Wilayah ini sudah mengenal pertanian 1.000 tahun sebelum China memiliki kebiasaan mengolah makanan yang berbeda.

"Dapur Timur Tengah mungkin berbasis barbeque dan roti pita. Untuk membuat roti pita, Anda tak membutuhkan tembikar. Anda tinggal menggiling bijinya, mencampur dengan air, dan memanggangnya," urai Yosef.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Science yang terbit minggu lalu.


Sumber :  New York Times, 
Kompas.com                                                                












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...