Selasa, 17 Juli 2012

Jenis-jenis Kasur busa

Sebelum membeli kasur busa, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui jenis-jenis kasur busa. Berikut ini jenis-jenis kasur busa yang mudah dijumpai di pasaran. Kami membedakan  jenis kasur busa dari luar dan dari isi kasur busa, serta kain luarnya. Berikut ini adalah jenis-jenis kasur busa berdasarkan penampilan dari luar atau fisiknya.

1. Kasur busa resleting
Ciri khas kasur ini adalah memiliki resleting pada bagian samping dari kasur ini. Mayoritas kasur busa yang dijual adalah tipe ini. Kasur busa yang memiliki resleting sangat memungkinkan menjemur kasur yang terkena ompol hanya kasurnya saja. Sedangkan covernya dapat dicuci secara terpisah. Jika cover pada kasur busa jenis resleting mengalami kerusakan atau tidak sesuai selera, maka kita dapat menggantinya tanpa mengganti busa di dalamnya.

2. Kasur busa yang memakai list tanpa resleting
Ciri khas kasur ini adalah terdapat pita list yang mengelilingi seluruh kasur baik atas maupun bawah. Kasur busa ini juga memiliki daya pikat lebih dibanding kasur busa resleting. Hal ini terjadi karena adanya "pemanis" berupa pita list yang mengelilinginya. Harga kasur busa list tanpa resleting memiliki harga lebih mahal dari kasur busa resleting. Selain itu tinggi kasur busa yang memakai list tanpa resleting lebih tinggi dari kasur busa resleting. Selain itu, kasur busa ini memiliki kelemahan. Kelemahan yang paling mudah dijumpai adalah jika ada yang ngompol pada kasur jenis ini, kasur dan covernya tidak dapat dipisahkan sehingga cover tidak bisa dicuci terpisah. Jika terjadi kerusakan pada cover, maka kita harus mengganti total atau kata-kata yang paling tepat adalah membeli baru lagi jika kasur busa tersebut tidak bergaransi.

3. Kasur busa yang memiliki list dengan resleting
Kasur busa ini tercipta dari perpaduan resleting dan yang memakai list. Pembeli pasti menginginkan kasur busa yang memiliki daya pikat tinggi dan dapat dipisahkan dengan covernya. Kasur busa yang memiliki list dengan resleting memiliki semua keunggulan yang dimiliki kasur busa resleting dan yang memakai list. Harga untuk kasur busa ini lebih mahal dan tinggi lebih dari dua tipe sebelumnya. Sayangnya, kasur busa jenis ini lebih susah ditemui dari kedua jenis sebelumnya.



Menurut isinya, kasur busa dibedakan menjadi empat macam, yaitu
1. kasur busa yang isinya busa poliuretan
Kasur busa jenis ini sangat mudah dijumpai di pasaran. Mayoritas penjual menjual kasur tipe ini. Kasur tipe ini yang biasanya kita sebut kasur busa. Memiliki warna dan kualitas yang bermacam-macam. Harga kasur busa ini tergantung kualitasnya. Ciri dari kasur busa ini adalah adanya pori-pori di dalamnya.

2. kasur busa yang isinya busa rebonded
Kasur busa jenis ini baru akhir-akhir ini mulai dijumpai di pasaran. Ciri khas dari kasur busa jenis ini adalah beratnya yang lebih dari kasur busa poliuretan. Memiliki kualitas yang lebih baik dan harga yang lebih mahal. Kasur busa ini keras dan padat. Berbeda dengan kasur busa poliuretan yang memiliki ciri kenyal. Kasur busa rebonded jangan terlalu sering kena ompol atau lebih baik jika tidak terkena ompol sama sekali karena dapat merusak busa rebondednya. Jika dibandingkan dengan busa poliuretan, kasur busa yang isinya rebonded lebih enak dan membuat tidur lebih nyaman.

3. Kasur busa yang isinya memory foam
Kasur busa jenis ini sangat mahal jika dibandingkan dengan kedua tipe kasur busa sebelumnya. Ciri khas dari kasur busa ini adalah jika ditekan akan kembali secara normal tapi membutuhkan waktu. Berbeda dengan kasur busa poliuretan yang langsung ngembang ketika selesai ditekan. Kasur busa jenis ini hanya diproduksi oleh segelintir produsen saja.

4. Kasur busa yang kayak tempat telor
Berbeda dengan ketiga tipe sebelumnya yang permukaannya datar, kasur busa yang tipe keempat ini memiliki ciri seperti tempat telor. Kasur busa seperti ini, katanya dapat menopang tubuh lebih baik. Kasur busa jenis ini susah ditemui di pasaran dan harganya juga mahal. Seperti kasur busa yang isinya memory foam, kasur busa yang kayak tempat telor ini diproduksi oleh segelintir produsen saja.



Kasur busa yang dibedakan berdasarkan kainnya. Pada bagian ini kami akan membagi lagi menjadi dua macam, yaitu penampilan fisik kain dan jenis kain yang digunakan.
Kasur busa yang dibedakan berdasarkan kainnya dilihat dari penampilan fisik

1. Kasur busa yang kainnya polos
Polos di sini kainnya tidak ada jahitan yang membentuk motif pada bagian cover. Kasur busa yang kainnya polos sering dijumpai pada kasur busa resleting.

2. Kasur busa yang berkain quilting
Kasur busa yang berkain quilting memiliki ciri terdapat motif jahitan pada bagian cover. Kasur busa dengan berkain quilting biasanya digunakan pada kasur busa yang memakai pita list.


Kasur busa yang dibedakan berdasarkan jenis kain
1. Kasur busa berkain katun
Jenis kasur busa ini memiliki harga yang lebih mahal dari tipe kain yang lain. Ciri khas dari kasur busa tipe ini adalah lembutnya pada kain kover kasur busanya

2. Kasur busa berkain poly-TC
Jenis kasur busa ini memiliki ciri kain yang kasar dan lebih sering digunakan pada kasur yang berharga miring karena kain tipe ini berharga murah.

3. Kasur busa berkain jaquart
Jenis kain pada kasur ini seperti yang digunakan pada kasur pegas. Biasanya digunakan untuk jenis kasur yang berkualitas sedang sampai tinggi.




Berikut adalah jenis-jenis kasur busa. Selain dilihat dari beberapa indikator tadi, masih banyak cara membagi jenis-jenis kasur busa. Jenis-jenis yang kami sebutkan adalah jenis yang paling mudah untuk dibedakan. Sekian dan terima kasih





Artikel mengenai kasur busa lainnya:

tips merawat kasur busa
beberapa pertanyaan soal kasur busa
kasur busa rebonded
cara membedakan kasur busa dengan kasur busa rebonded
tips membeli kasur busa








3 komentar:

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat, jika anda mencari kasur merk american silahkan cek di sini : http://springbedmalang.com
    WA : 081249676477
    Springbed Malang
    Ruko Karangploso Kavling 3 C, Malang

    BalasHapus
  2. artikel anda sangat mudah di pahami semoga yang lain bisa mendapatkan inti dari isi artikel anda, jika berkenang boleh semari ke blog saya MENGENAL SISTEM PEMBELAJARAN KULIAH

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...