Minggu, 10 April 2016

Waspadalah Jebakan Biaya Tambahan Saat Transaksi Online

biaya transaksi

Ilustrasi belanja online

Menggunakan travel online sekarang ada embel-embel yang cukup dituliskan besar-besar yaitu no biaya transaksi atau tidak ada biaya tambahan. Bahkan karena mulai menjamurnya belanja online, sekarang juga ada tulisan seperti itu. sebetulnya biaya hidden itu seperti apa dan buat apa? berikut ini akan diberikan penjelasan secara sederhananya saja. selamat membaca

biaya transaksi atau biaya tambahan tentu saja adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk melakukan pembayaran. disebut biaya transaksi karena biaya ini baru menclok alias nongol saat melakukan pembayaran. Betapa girang bagi kita semua apabila mendapat produk lebih murah. diskon toko online sekarang dengan mudah ditemukan apalagi ada iklan dari google yang berseliweran di situs-situs lain, selain situs ini tentunya. sebagai contoh, ketika melakukan pembelian harga tertera adalah 100.000 tetapi saat mau bayar jadi 105.000 padahal di rasa tidak melakukan apa-apa. Eits itu perasaan Anda saja kenyataannya ada aja biaya yang terselip yang secara sadar maupun tidak sadar.

Biaya biaya transaksi di sini bukan biaya pengiriman ketika melakukan pengiriman barang dari pembelanjaan online walaupun perhitungan ongkos kirim selalu muncul di akhir. Jadi biaya transaksi di sini biasanya ketika melakukan pembayaran.

Jadi, biasanya biaya transaksi ini adalah biaya melakukan pembayaran. Biasanya untuk menggunakan metode kartu kredit maupun kartu debit ada biaya yang harus ditanggung. Besarnya variatif dan berbeda-beda tergantung toko Anda melakukan transaksi. Ada yang bernilai belasan ribu bahkan ada yang menggunakan sistem persen-persenan yang tentunya akan bernilai semakin besar. Selain kartu debit atau kartu kredit penggunaan pembayaran pihak ketiga juga dikenakan biaya seperti membayar di minimarket. 

Iklan berhadiah makanan ringan atau minuman bagi melakukan pembayaran di minimarket sering ditemukan bahkan secara besar-besaaran di kasir. sebetulnya dengan melakukan pembayaaran di minimarket tersebut, biasanya dikenakan biaya tambahan yang biasanya lebih murah dari  kartu kredit maupun kartu debit. Jadi, paham kan kenapa ada promo membagikan makanan atau minuman gratis di minimarket. itu seperti cashback kembali agar mau melakukan lagi dan lagi pembayaran di sana.

Pembayaran lewat ATM juga biasanya dikenakan biaya. Biaya ini juga biaya transaksi karena baru keluar ketika memilih bayar lewat ATM. Tidak bisa dihindari karena memang sudah begitu kecuali situs tersebut memang secara terang-terangan bilang no biaya transaksi. 

Ini kan penjelasan kalau pembayaran belanja online ada biaya transaksi. Apakah biaya transaksi hanya ada di sini? 
Jawabannya adalah tidak. Biaya transaksi juga terjadi ketika melalukan transaksi perbankan seperti transfer atau bank atau lainnya. Jadi, biaya transaksi tidak hanya sebatas pembayaran belanja online saja.

Lalu berikut ini adalah tips-tips jika ingin belanja bebas biaya transaksi
1. baca baik-baik ketika hendak melakukan pembayaran
dari sekian banyak channel untuk melakukan pembayaran, biasanya ada yang bayar maupun gratis. Pilihlah yang gratis kalau tersedia. 

Ilustrasi macam-macam channel pembayaran yang dapat dipilih

2. Pastikan tempat belanja yang Anda pilih menggaransi bebas biaya transaksi
Saat ini banyak travel online yang secara terang-terangan menuliskan bebas biaya transaksi. Hal ini untuk memastikan tidak terkena biaya transaksi

Ilustrasi bebas biaya transaksi yang dikeluarkan oleh sebuah travel online

3. Mulailah belajar untuk menggunakan produk perbankan baik bank maupun nonbank
Pembayaran dengan kartu kredit atau debit maupun atm acap kali dikenakan biaya tambahan. Namun penggunaan uang elektronik tidak dikenakan biaya transaksi. Lebih baik jika Anda mencoba menggunakan uang elektronik tersebut. selain mengurrangi biaya transaksi tidak ada salahnya belajar menggunakananya. Bentuk uang elektronik bisa berbentuk rekening ponsel atau internet banking.

Ilustrasi rekening ponsel


4. Pilihlah yang biaya paling rendah
Terkadang memang ada tempat belanja online atau travel online yang memang ada biaya transaksi. Tetap tenang dan pilihlah yang paling murah. Terkadang beda penerbit kartu kredit akan memberikan biaya transaksi yang berbeda pula berlaku pula untuk kartu debit maupun kartu kredit. 

Ilustrarsi kartu kredit

5. [Tambahan] pastikan tempat membayar Aman
Hanya untuk membantu Anda untuk memastikan tempat pembayaran yang Anda lakukan aman. Pastikan dienkripsi dengan baik dengan ada tanda gembok hijau atau https atau tingkat sekuriti lainnya yang lebih baik supaya transaksi aman. Kejahatan kartu kredit atau kartu debit meningkat akhir-akhir ini dan pastikan tidak teledor dalam melakukan pembayaran

Ilustrasi https 

Demikianlah penjelasan mengenai biaya transaksi, semoga Anda menjadi lebih paham dan lebih teliti saksama mengenai biaya transaksi. Sekian dan terima kasih

sumber gambar:
https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/traveloka/newsletter/201311/21-27+Nov/mobile/thumbs_nov_bebas_mobile.jpg
http://img.bisnis.com/posts/2014/05/16/228362/130715_transaksi%20onlineok.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-Oa8ymgyHbT4/VNfmxUOcMDI/AAAAAAAASpE/Gc2dUbE-ewA/s1600/metode-pembayaran-sriwijaya.png
http://www.alfamartku.com/wp-content/uploads/Rekening-Ponsel-Logo-3D-262x300.jpg
https://elainemanders.files.wordpress.com/2014/04/photo-1-one-cc.jpg
http://mat-devs.s3.amazonaws.com/help-tune-com-content/uploads/zendesk_imported/201251453-https.png

1 komentar:

  1. titan gel asli adalah obat oles pembesar penis permanen tanpa efek samping
    ini 100% tanpa biaya admin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...