Ilustrasi Instagram |
Akhir-Akhir ini cukup populer dengan kata endorse di instagram.Biasanya dilakukan oleh selebgram dalam melakukan promosi barang. Untuk lebih jelasnya mari membahas arti selebgram dan endorse itu sendiri.
Selebgram adalah selebritis instagram. Dengan hadirnya instagram dan menjamurnya penggunaan instagram membuat orang-orang yang awalnya tidak terkenal tetapi memiliki ribuan bahkan ratusan ribu follower menjadi tersohor. Orang itulah disebut selebgram. Biasa dikenal juga dengan artis instagram. Menjadi selebgram juga karena aneka sebab mulai dari aktivitas videogram yang membuat terkenal, seorang foodblogger, dll.
Endorse sendiri berasal dari bahasa inggris. Apabila diartikan ke bahasa Indonesia artinya macam-macam. Penulis yang bukan seorang ahli bahasa menerjemahkan arti endorse menjadi menuliskan nama.
10 tahun yang lalu tidak ada yang namanya endorse. Jelas karena penggunaan sosial media belum semasif sekarang. Hal ini terjadi karena kemajuan zaman yang semakin canggih dan tuntutan untuk berpromosi yang efektif dan murah. Promosi dengan cara konvensional cukup mahal agar bisa efektif kepada konsumen bahkan promosi yang mahal belum tentu efektif seperti iklan di televisi. Hingga akhirnya ditemukan cara berpromosi menggunakan media sosial dengan memanfaatkan tokoh-tokoh terkenal di media sosial tersebut. Keefektifan promosi endorse di instagram sangat tinggi karena tingginya pengguna instagram maupun follower selebgram yang dipilih dan pembaca sempat melihat barang tersebut secara jelas dan ada alamat akun penjualnya atau produsen barang tersebut.
Sebagai perbandingan, iklan berupa baliho di jalanan yang memanfaatkan artis ibu kota sangatlah mahal karena harus membayar artis, membayar desain iklan, membayar pajak reklame, dan membayar sewa reklame. Pendek kata, sangat mahal dan boros. Menggunakan iklan di televisi juga mahal karena harus menggunakan artis dan tidak semua orang menonton iklan tersebut. Sewa iklan di jam yang rating tinggi sangatlah mahal, sewa iklan murahan di jam tidak laku justru tidak ada yang menonton dan malah sia-sia. Iklan di televisi belum tentu ditonton pula oleh penonton karena bisa saja berpindah saluran dan balik lagi ke saluran tersebut setelah iklan selesai. Menggunakan flyer atau brosur juga kurag efektif karena brossur yang didapat biasanya hanya menjadi sampah bahkan ada orang yang sudah memanfaatkan kertas brosur atau iklan tersebut menjadi apa saja tanpa melihat secara rinci iklan di kertas tersebut. Iklan dari mulut dari ke mulut memang sangat efektif dan efisien. Namun, sebuah toko online cukup repot bila melakukn promosi dari mulut ke mulut tanpa sentuhan iklan online.
Berdasarkan cerita panjang lebar, keuntungan toko online adalah sebagai berikut
- lebih efektif dalam melakukan penyebaran promosi
- lebih murah dalam melakukan penyebaran promosi dan branding
- tidak membutuhkan banyak sumber daya manusia dalam melakukan promosi
- barang menjadi lebih cepat terkenal yang berdampak baik pada penjualan
Sebagai pemilik toko online ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan endorse
1. pemilihan selebgram
jelas ini adalah pemilihan yang utama dalam melakukan endorse. pilihlah artis yang sesuai dengan keinginan pemilik toko maupun barang yang akan diendorse. setiap selebgram biasanya memiliki kontak khusus apabila ingin melakukan hubungan bisnis (endorse). Artis yang tepat dengan produk yang tepat akan menghasilkan simbiosis mutualisme. Janganlah memaksakan kehendak selebgram padahal selebgram tidak bersedia mengendorse produk kita. Hal ini bisa saja terjadi. Apabila hal ini terjadi carilah selebgram lain karena jumlahnya cukup banyak. memaksakan kehendak kita dapat menimbulkan kerugian berupa hasil yang tidak maksimal. pastikan selebgram yang dipilih memiliki follower yang sesuai dengan target pasar kita.
2. Honor selebgram
Walaupun lebih murah bukan berarti gratis. Ada biaya yang perlu dikeluarkan oleh pemilik toko atau barang dalam melakukan endorse. Perlunya negosiasi yang baik dengan selebgram yang dipilih sampai benar-benar deal agar tidak terjadi salah paham yang menimbulkan kerugian di kedua belah pihak. orang yang mengendorse produk kita dapat artis ibu kota dengan akun instagramnya yang biasanya bayarannya lebih mahal daripada selebgram.
3. Pemilihan produk
Produk yang akan diendorse pastikan yang terpilih. Maksudnya mengendorse barang tidak bisa semua barang tetapi barang yang paling menarik sehingga follower dari artis tersebut lebih tertarik dan membuka akun kita.
4. Foto
Tidak bisa dipungkiri banyak orang yang akan melakukan penilaian berdasarkan yang dilihat tanpa pikir panjang. kekuatan foto yang ada menjadi daya tarik terpenting yang perlu diperhatikan. Pastikan foto tersebut sudah cocok dan layak sesuai dengan keinginan kita maupun keinginan selebgram. Foto yang kurang baik dapat merusak produk kita di mata followernya padahal mereka adalah target pasar yang dicari.
5. evaluasi dan komunikasi
Setelah foto endorse kita sudah diupload oleh selebgram ada baiknya untuk melakukan evaluasi. Tentu tidak ada gunanya apabila setelah mengendorse timbul pertanyaan dari calon konsumen tetapi tidak layani sehingga calon konsumen menjadi enggan. Oleh karena itu, perlunya komunikasi dengan mengecek komentar pada selebgram tersebut apabila ada pertanyaan kepada produk kita dan komentar terima kasih (basa-basi) di akun tersebut. Evaluasi dapat dilihat dari banyaknya like.
6. Penggunaan untuk endorse barang selanjutnya
Pastikan hubungan kita dengan selebgram berlangsung dengan baik supaya bisa saling bekerja sama terus. Apabila produk kita sudah sukses dengan selebgram tersebut tidak ada salahnya untuk melakukan endorse produk kita lainnya. karena berdasarkan pengalaman penulis seorang konsumen bisa mempromosikan produk yang dipakai yag dibeli daari instagram dengan menyebutkan nama artis yang mengendorse barang tersebut.
Jadi, promosi dengan endorse tidaklah ribet dan susah justru memudahkan bisnis kita. Semoga dengan artikel ini dapat membantu kita semua. mohon maaf bila ada salah kata atau kesalahan fakta. sekian dan terima kasih.
sumber gambar:
http://www.engagor.com/wp-content/uploads/2015/03/instagram-logo.png
label: arti kata endorse, pengalaman endorse, belajar mengendorse, arti kata endorse, cara belajar endorse, tatacara endorse barang, endorse barang, endorse instagram, promosi lewat instagram, promosi lewat endorse, orang pakai barang di instagram, pengalaman endorse, tips jadi endorse, orang diendorse barang, pakai produk endorse, endorse apaan sih, endorse, endorsement, iklan endorse, endorse jualan apa, endorse dari bahasa apa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar