Jumat, 10 April 2015

Menikmati Mie Selat

Mie Selat

[belum ditemukan gambarnya]


Ya, mie selat. Ada yang tahu makanan macam apakah ini? Hanya sebagian kecil orang yang mengetahui mie yang satu ini. Mie selat sendiri hanya dapat ditemukan di daerah Jatinegara. Di daerah lain tidak ditemukan mie selat. Artinya makanan ini cukup langka dan mmenarik untuk dibaha. Marilah mulai membahas mengenai mie selat


Sejarah Mie Selat
Berdasarkan pengamatan dan isu yang berkembang di daerah Jatinegara, mie selat awalnya dijual oleh orang yang bernama Encek Selat di sekitar jalan jatinegara. Konon di beberapa dekade awal abad 20. Jenis hidangan yang dibuat oleh Encek Selat ini dikenal dengan nama mie selat. Selain Encek Selat, ada juga seorang warga yang menjual mie seperti yang encek selat jual dengan dipikul oleh anaknya yang gagu. Menurut cerita yang beredar, saudara-saudara dari gagu masih melanjutkan berjualan mie selat di daerah jatinegara. Selain saudara gagu masih ada beberapa tempat yang menjual mie selat seperti di deket ruko bukit duri plaza dan di dalam pasar jatinegara. Cerita ini masih menurut yang beredar di masyarakat dan belum tentu benar.


Bentuk mie selat
Jelas mie selat menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Mie selat sendiri mirip dengan gado-gado yang mudah ditemui di Jakarta. namun, berbeda dengan gado-gado yang menggunakan lontong supaya kenyang, mie selat menggunakan mie supaya mengenyangi. Persamaan dengan gado-gado adalah sayur yang digunakan seperti kacang panjang, kentang, timun, dan tahu serta ada yang menambahkan selada. Perbedaan dengan gado-gado adalah penggunaan mie dalam mie selat dan rasa bumbu kacang yang digunakan. Bumbu mie selat menggunakan banyak bawang putih hingga setelah makan mulut mmasih kentara dengan bau bawang putih.


Rasa Mie Selat
Enaak....
Bagi penggemar bawang putih akan mmerasakan banyaknya bawang putih yang dimasukkan di dalam saus mie selat. Adapun pembenci bawang putih akan tidak tahan dengan bau bawang putih yang akann tercium ketika saus sudah dituang di mmie dan sayuran.
Selain itu, rasa mie selat mirip gado-gado dengan bawang putih yang dominan. serta lebih asam. Saus mie selat yang mmenentukan enak atau tidaknya mmie selat. Apabila saus mie selat tidak enak, maka akan menimbulkan gangguan saat makan.


Cara mendapatkan mie selat
Datanglah ke jatinegara di Jakarta Timur. Selama ini belum ditemukan ada daerah lain yang menjual mie selat. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, ada beberapa tempat yang mmenawarkan mmie selat di Jatinegara. Ada yang memerlukan ditelepon dahulu sebelum membeli mie selat tersebut.



Kesimpulan
Mie selat adalah makanan peranakan campuran yang memadukan gado-gado dengan mie serta bawang putih yang banyak. Mie selat adalah makanan langka karena hanya ditemukan di daerah Jatinegara Jakarta Timur. Mie selat boleh menjadi salah satu pilihan untuk mencoba kuliner lokal Jatinegara. Harga mie selat yang wajar menjadi salah satu pertimbangan untuk mencicipi. Selamat mencoba mie selat. Sekian dan terima kasih.

5 komentar:

  1. Ulasan yang bagus. Saya yang kebetulan menghabiskan masa kecil di Jatinegara memang sudah mengenal Mi Selat sejak kecil.

    Yang memang dari dulu dari tahun 1970 an yang terkenal adalah mi selat si Gagu / Ani.


    Lokasi asli nya ada di Jatinegara belakang pasar di dekat gang sempit. ( nama ini cukup dikenal oleh penduduk setempat )

    Sekarang sudah pindah jalan jatinegara timur dahulu ada apotik sekata., sekarang menjadi indomaret. Lokasi baru tersebut ada dibelakang Indomaret yang dikenal dengan nama Jembatan Item.

    Semoga informasi ini membantu

    BalasHapus
  2. Yg bikin cm satu orang (enci ani namanya) dl dibantu ma suaminya tp skr suami dah meninggal, mrk tidak py anak. Kasihan juga sich liatnya bekerja sendiri. Klw mau pesan ada baiknya tlp dulu ya. Klw datang langsung mungkin sudah abis, biarpun msh ada tp lama bgt nunggunya. Silakah cb harga cm 20rb dah kenyang bgt.

    BalasHapus
  3. Iya saya dulu punya teman kantor namanya Ika, mmng dia tinggal sekitar jatinegara, kita d kantor sering nitip klau hari jumat untk makan d kantor, itu tahun 1983/ 1984, skr saya udh gk kontek sm temen saya itu, jd udh lama bgt gk mkn mie selat, tp untk mewujudkan k inginan saya , mau saya coba bikin sendiri, sbtlnya rmh saya jg d jkt timur, d x malang , tp nanti klau ada wkt saya mau cari yg d deket stasiun .

    BalasHapus
  4. Saya baru selesai makan mie selatnya dan rasanya masih sama enak porsi banyak sekarang harga 25rb yg buat masih cia ani dia adanya sebelah penginapan rio lewati 5rumah jualannya di nikmati dalam keadaan dingin lebih nikmat dan sampai besok pun tidak basi jika ditaru kulkas bumbu pisah trimakasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...