Jumat, 20 Mei 2016

Sejarah Terlengkap dan Profil Inoac di Indonesia

Sejarah dan Profil Inoac


Logo Inoac [1]

Dewasa ini, apabila melakukan pencarian mengenai kasur busa, maka merk kasur busa yang paling banyak keluar adalah merk inoac. Dalam situs-situs yang menjual kasur tersebut yang lebih banyak dalam bentuk blogspot menawarkan kasur busa berkualitas tinggi buatan inoac yang katanya dari Jepang. Dalam tulisan kali ini akan dibahas mengenai sejarah dan profil inoac di Indonesia. Penulisan dalam artikel ini akan berusaha senetral mungkin agar menjadi pertimbangan bagi para pembaca untuk membeli kasur busa. 



A. Sejarah Inoac di Indonesia

Merk Inoac sendiri memang benar asalnya dari Jepang. Inoac di Jepang sudah berdiri sejak tahun 1926. Unit usaha inoac sebenarnya cukup luas mulai dari karet, busa urethane, plastik molding, dll. Inoac masuk ke Indonesia pada tahun 1972 dengan mendirikan PT. IRC Inoac Indonesia yang memproduksi ban dan karet yang produknya dapat dilihat bernama ban IRC. Tahun 1973 barulah berdiri PT. Vitafoam Indonesia yang memproduksi busa uretan di Pasar Kemis, Tangerang. Kelanjutan dari IRC Inoac Indonesia tidak akan dibahas lebih lanjut karena dalam artikel ini akan lebih membahas Inoac bagian busa uretan.

Seperti yang sudah disebutkan pada paragraf di atas, ketika masuk ke Indonesia Inoac menggunakan nama PT. Vitafoam Indonesia. Hal ini disebabkan pada awalnya usaha Inoac di Indonesia adalah patungan dari tiga pihak, yaitu Vitafoam dari Inggris, Inoac dari Jepang, dan Pandji Wisaksana dari Indonesia yang terkenal dengan plastik Pioneernya. Pada tahun 1990 berubah namanya menjadi PT. Inoac Multi Indonesia. Barulah pada tahun 1996 Inoac yang kala itu sudah menjadi pemegang saham mayoritas di vitafoam menggabungkan lini usahanya dengan produksi karet menjadi PT. IRC Inoac Indonesia. Busa uretan Inoac selain digunakan untuk kasur juga digunakan untuk jok mobil dari mobil buatan Jepang. 

Busa Inoac cukup jaya kala itu walau dengan nama Vita dengan produk-produk yang dibedakan dengan warna-warna seperti pink untuk dencity 18, black untuk dencity 20, light green untuk dencity 23, dan yellow untuk dencity 32. Sampai saat ini kita mengenal busa yang terbaik bewarna kuning dan busa kualitas kedua bewarna hijau muda atau light green karena hal ini. 

Ketika tahun 1998 atau saat krisis moneter terjadi, Inoac mengalami kerugian yang cukup besar dan kelanjutan kejadian tersebut adalah busa uretan Inoac lebih fokus untuk jok mobil dan komponen-komponen penunjang otomotif. Busa Inoac mengalami masa suram ketika krisis moneter karena daya beli yang ambruk dan harga busa Inoac yang naik tinggi sehingga konsumen pindah ke lain merk. Oleh karena itu, pada tahun 2000an awal nama Inoac tenggelam di pasaran. Ketika lepas dari 2000an akhir daya beli masyarakat juga sudah membaik akhirnya nama Inoac mulai terdengar lagi hingga sekarang. Perkembangan yang lebih lanjut pada produk busa dan otomotif membuat Inoac memisahkan kembali produk busa, furniture, dan sebagian automotive part di bawah PT. Inoac Polytechno Indonesia pada tahun 2013. Dapat dikatakan busa-busa uretan Inoac yang kita kenal saat ini adalah produksi PT. Inoac Polytechno Indonesia. Terakhir, apa hubungan dari Inoac dengan Gajah Tunggal? Gajah Tunggal memiliki saham di Inoac Indonesia.

B. Jaringan Distribusi Inoac di Indonesia

Kebanyakan dari konsumen tidak mengetahui secara rinci jaringan distribusi busa Inoac di Indonesia. Jok produksi Inoac tentu saja langsung didistribusikan ke pabrik-pabrik otomotif yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pabriknya di Karawang. Namun, distribusi busa Inoac amatlah unik dan menarik. 

Sudah dijelaskan pada bagian sejarah, bahwa pada awalnya Inoac yang memproduksi busa uretan bernama PT. Vitafoam Indonesia. Oleh karena itu, distribusi awalnya bernama VITA dengan distributor tunggalnya yang bernama PT. Dwi Suasana Jaya. Mengapa bukan bernama Inoac? Karena saat itu masih bernama PT. Vitafoam Indonesia dan tidak ada embel-embel Inoacnya. Sampai saat ini PT. Dwi Suasana Jaya tetap menjadi distributor resmi busa Inoac dengan dimerkin Vita yang khas dengan warna birunya. Semoga penjelasan ini bisa dipahami oleh pembaca mengapa ada merk VITA yang katanya busa Inoac. Berdasarkan penjelasan ini sudah jelas bahwa merk busa VITA yang ada di pasaran adalah Inoac juga isinya. 

Dalam perkembangan selanjutnya, seperti yang disebutkan pada bagian sebelumnya mengenai penggabungan PT. Vitafoam Indonesia ke dalam PT. IRC Inoac Indonesia, maka dari sinilah mulai dikenal busa inoac karena sebelumnya lebih dikenal dengan busa vita. Pada tahun 1990an akhir, PT. Surya Mandiri Jaya menjadi distributor resmi Inoac kedua hingga sekarang dan PT. Surya Mandiri Jaya menjadi distributor busa Inoac terbesar saat ini. 


Kartu Garansi Inoac dari Distributor Surya Mandiri Jaya [3]

Kartu Garansi Inoac dari Distributor Dwi Suasana Jaya [2]


Bagaimana dengan toko-toko di internet yang banyak menjual kasur busa Inoac? Toko-toko tersebut tidak mendapatkan barang langsung dari Inoac langsung tetapi lewat distributor-distributor resmi tersebut. Inoac sendiri hanya menjual daging busanya saja tanpa cover alias sarungnya kepada distributor resminya. setelah itu distributor dan agen-agenlah yang membungkus daging busa tersebut kemudian menjualnya kepada konsumen baik dalam bentuk kasur busa maupun sofabed. Jadi, bila ada oknum yang mengaku mengambil langsung dari pabrik padahal menggunakan dua kartu garansi di atas dapat dikatakan oknum tersebut berbohong.

Oleh karena itu, pihak Inoac sendiri tidak memberikan garansi kepada busa uretan yang diproduksinya tetapi pihak distributorlah yang memberikan kartu garansi seperti yang kita kenal saat ini yang bewarna biru dan putih. Toko-toko maupun agen maupun pengecer Inoac biasaya menggunakan kartu garansi buatan distributor untuk menjamin barang dagangannya seperti yang tersebar di daerah Pasar Kemis. Jadi, mungkin saja kasur busa Inoac yang Anda miliki adalah buatan agen-agen.

[insert link, to be continued]

Saat ini, kasur busa inoac yang banyak di pasaran adalah yang memiliki busa D23 LG yang bewarna hijau muda dengan kode EON. Selain itu, terdapat juga kasur busa Inoac garansi lima tahun. Perlu diketahui para agen juga menamai kasurnya sendiri dan menjualnya lagi ke toko-toko. Walaupun begitu, tetap saja isi kasurnya atau busanya adalah busa Inoac. Merk tersebut antara lain Kambi, Toppan, Grand, dll. Kasur busa inoac biasanya dikemas dalam keadaan vakum untuk pengiriman menggunakan jasa ekspedisi. 




Demikianlah artikel terlengkap mengenai profil dan sejarah busa Inoac di Indonesia. Mohon maaf bila ada salah kata atau salah informasi yang diberikan dan selamat berbelanja kasur. Budayakan untuk menuliskan sumber ketika melakukan copy paste. 

"Penulisan sumber adalah bentuk apresiasi terhadap penulis artikel" 
- Atang Sumarna - 


Kumpulan terlengkap artikel dan tips mengenai kasur busa:

jenis-jenis kasur busa
tips merawat kasur busa
beberapa pertanyaan soal kasur busa
kasur busa rebonded
cara membedakan kasur busa dengan kasur busa rebonded
tips membeli kasur busa
 penjelasan terlengkap garansi kasur busa

-  serba-serbi garansi kasur busa

sumber:
inoac.co.id

sumber gambar

[1] http://www.inoac.co.jp/ja/image/inoac_logo_fb.gif
[2] http://1.bp.blogspot.com/-hIZMOTNGdwc/VNMF9kTRgGI/AAAAAAAAEL0/TEeWAPHEfT0/s1600/vita.jpg
[3] https://4.bp.blogspot.com/-O4DL_Sb88Cw/WCfKUjNyS2I/AAAAAAAAB3M/-JFF9JIMDjEkoBNOxLGyen-Jp2bp78E0ACPcB/s1600/20160921_153140.jpg


label: tips membedakan inoac asli dan palsu, ciri inoac palsu, ciri busa inoac palsu, ciri busa inaoc asli, cara membedakan busa inoac asli dan palsu, ciri ciri busa inoac asli, ciri inoac lg, warna busa inoac asli, ciri-ciri busa inoac asli, ciri khusus busa inoac asli, tips membeli kasur inoac, warna kasur busa yang bagus, kasur inoac palsu cirinya, kartu garansi inoac, sejarah inoac, histori inoac di indonesia, inoac buatan mana, inoac buatan jepang, distribuor ressmi inoac, distributor inoac, agen inoac, agen inoac asli, busa inoac no1, busa inoac no 2, busa inoac warna hijau muda, busa inoac warna lg, busa inoac warna biru, busa inoac warna kuning, busa inoac tangerang

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kepada Yth :

    Pimpinan Perusahaan

    Dear Purchasing, Bagian Import.




    Kami dari PT. BINTANG SAMUDERA ASIA, memperkenalkan diri sebagai Perusahaan International Freight Forwarders & Importir Umum yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance Import , Undername Import , Redress Consignee , Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional. Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang diperlukan .



    Project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

    o General Customs Clearance

    o All-in Customs Clearance

    o Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & other charges

    o Importasi dengan system Door to door Regional Asia, Eropa dan Amerika

    o Air & Sea Freight (LCL & FCL)

    o Bonded Warehousing

    o Door to door service

    o Under Name

    o Import Sea Freight & Air Freight Service

    o Import Consulidation

    o Custom Clearance Import ( ALLIn )

    o Second of Machine Import



    Perusahaan kami salah satu perusahaan yang melayani Customs Clearance seperti :

    o PI Besi atau Baja,Baja Paduan,dan Produk Turunannya

    o PI Kehutanan

    o Mesin Bekas / Barang bekas

    o Garment

    o Textile

    o Alkes



    Operasional Perusahaan Kami Meliputi :

    o Pelabuhan Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )

    o Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )

    o Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )

    o Pelabuhan Belawan ( Medan )




    Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak / ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih.



    BEST REGARDS


    Romi Feriadi
    executive import







    PT. BINTANG SAMUDERA ASIA

    Jl. Jatinegara Barat No 195,Balimester,Jakarta Timur 13310 Indonesia

    Phone : 021 8192 442

    Fax : 021 2298 5667

    Mobile/ WA : 0852 7089 6962

    E-Mail : romi.import1@gmail.com / romiferiadi093@gmail.com

    Website : www.bisacargo.com / www.bisaimport.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Kepada Yth,
    Dept Import / Purchasing
    Di Tempat.

    TNT LOGISTICS
    Jasa Import Murah Aman & Terpecaya

    Kami menawarkan jasa ekspedisi ekspor-impor dengan servis; Door to Door, Customs Clearance Import, Under Name, Air Freight & Sea Freight,Cargo Service, Domestik, Warehouse dan lain-lain.
    Kami menerima pengiriman barang dari :
    πŸ‡¨πŸ‡³ China
    πŸ‡­πŸ‡° Hong Kong
    πŸ‡°πŸ‡· South Korea
    πŸ‡―πŸ‡΅ Japan
    πŸ‡ΈπŸ‡¬ Singapore
    πŸ‡ΉπŸ‡­ Thailand
    πŸ‡ΊπŸ‡Έ USA
    ==
    For best offer & information :

    Banta
    πŸ“ž 0812 1853 4003 whatsapp/call
    πŸ“© banta.impor@gmail.com
    ☎ (62-21) 791889240,27531255

    PT. TUNAS NUSANTARA TRITUNGGAL
    International Air & Sea Freight Forwarding Cargo Service

    Office : Gedung Griya Intan
    Jln.Buncit Raya No.21B, Jakarta Selatan 12510 Indonesia

    BalasHapus
  4. Kepada Yth
    Bpk/Ibu Pimpinan Bag Import
    Div : Export-Import & Purchasing
      

      Dengan Hormat, Perkenalkan kami dari PT. ANGKASA LAUT KHATULISTIWA , International Freight Forwarders, Customs Clearance, Customs Consultant And  Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas, pelayaran dan Customs, PT. ANGKASA LAUT KHATULISTIWA, memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan pengiriman barang Import anda. New Service PT.ANGKASA LAUT KHATULISTIWA·  Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma)
    ·  Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )
    ·  Jasa Undername Export-Import 
    ·  Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )
    ·  Bea Import Glosir ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara
    ·  Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia
    ·  Cara konsultasi gratis untuk mengimport
     Agent : Singapore, Malaysia, China, Thailand, Korea, Taiwan, Japan, Amerika, Jerman, Italy, Inggris, Belanda dan lainya. Kami juga bisa proses barang yang menyangkut dengan izin seperti : NPIK, ALKES, PERTAMINA, BAPETEN, MENKO INFO, POM, KARANTINA dan lainya.

    Izin yang kami miliki antara lain :
    ·  PI ( Besi atau Baja ) 
    ·  PI ( Produk Kehutanan ) 
    ·  BORONGAN TEKSTIL
    ·  LS Electronic
    ·  LS Pakaian jadi
    Demikian pengajuan surat penawaran ini kami buat dan besarnya harapan kami untuk dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak / Ibu, atas pertimbangan dan perhatiannya anda kami mengucapkan terima kasih.Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami :

          Best Regards,
               ( Mr. Adi )
              Import Dept 
    Mobile/Wa : +6285717296070
    ================================
    General Trading Supplier & Export-ImportPT. ANGKASA LAUT KHATULISTIWA
    Office : Gedung ASCOMJL.KH ABDULLAH SYAFE'I  No.23A  RT.001/ RW.002  Kel.Kebon Baru, Kec .Tebet Jakarta Selatan, DKI  Jakarta  Indonesia 12830.Fax          :  021-89932047
    Telp           :  021-89932046Phone        : +6285717296070
    E-Mail         :   Musliadi.jingga@gmail.com_Musliadi.import57@yahoo.comWeb               :  https://angkasalautkhatulistiwa.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...