Senin, 20 Oktober 2014

Tips Menonton Bioskop Bagi Pemula

[dalam tahap perbaikan]

Inti dari artikel ini hanyalah cara untuk bisa menonton bioskop dari membeli hingga selesai menonton. Berikut ini akan diberikan tips dan gambaran singkat mengenai cara menonton bioskop. Semoga membantu kita semua dan bermanfaat.

ilustrasi menonton bioskop
sumber: http://www.21cineplex.com/data/gallery/pictures/136531377631711_400x267.jpg


Bioskop yang ada di Indonesia mayoritas tergabung dalam jaringan bioskop 21. Selain itu, masih ada blitzmegaplex dan bioskop-bioskop lokal lainnya. Sebelum pergi ke bioskop alangkah baiknya untuk mengecek jadwal dan film yang diputar di bioskop tersebut. Jika zaman dahulu hanya bisa melihat di koran tertentu dan datang langsung ke bioskopnya. Zaman sekarang bisa melihat di website jaringan bioskop tersebut, di web-web di internet, hingga sms atau yang lebih canggih lagi ada aplikasinya di sebuah perangkat berbasis android.

Setelah melihat jadwal dan lokasi tempat nonton yang dipilih ada baiknya untuk melihat juga kategori film tersebut. Disarankan untuk menonton sesuai kelompok usia yang dianjurkan. Pembayaran bisa dilakukan secara online jika Anda sudah menjadi member di bioskop tersebut dan bioskop tersebut bisa melakukan pembayaran online. Masalahnya penulis tidak bisa melakukan pembelian secara online jadi skip aja yaaa~

Jika belum membeli tiket, datanglah ke bioskop lebih awal. Ketika VCD bajakan booming, bioskop sangat sepi sekali. Zaman sekarang bioskop kembali ramai dan bisa membuat antrean untuk film-film box office. Jika Anda menonton di bioskop selain blitzmegaplex, datanglah ke bagian box office. Jika Anda datang ke bioskop Blitzmegaplex tertentu datanglah ke bagian kantin, karena di sanalah tempat membeli tiket sekaligus membeli cemilan macam popcorn. Untuk bioskop 21 apabila kita membawa makanan dan minuman dari luar biasanya akan disuruh dititip di loker yang tersedia.

Ketika sudah sampai ke loket, pasti yang akan ditanya sama petugasnya adalah
1. Mau nonton apa?
Jawablah dengan cepat dan benar. Mikir kelamaan dan plin-plan dalam memilih judul film karena akan membuat antrian makin panjang, orang yang di belakang Anda mengurut dada, dan petugasnya kebingungan. Sekarang dalam satu film bisa beberapa format tayangnya. Ada yang biasa, 3D, di premiere, di velvet, di satin, 4DX. Pilihlah sesuai keinginan dan kebutuhan yang pas di kantong dan pas di hati.

2. Mau yang jam berapa?
Jawab sesuai jam yang diinginkan.

3. Mau di kursi yang mana?
Pertanyaan ini paling lama menyita waktu dalam membeli karcis bioskop karena akan memililih-milih dahulu. Secara singkat, penulis akan bagi kursi bioskop dalam satu studio dalam kelompok atas, tengah, dan bawah. Jika menonton di atas akan merasa nyaman jika memiliki mata yang masih bisa melihat dengan jelas dan menjadi masalah besar bagi yang memiliki mata kurang baik penglihatannya karena akan kesulitan membaca subtitle dan gambar di layar. Duduk di tengah amatlah enak bagi kebanyakan orang karena bisa melihat dengan posisi yang pas. Duduk di bawah (bangku bagian depan) akan membuat sakit leher dan pegal-pegal karena harus dongak (melihat ke atas).

Lalu kursi dalam bioskop juga penulis bagi dalam tiga bagian, bagian kiri, tengah, dan kanan. Bagian kiri dan kanan paling ujung cukup menyiksa bagi yang duduk di kelompok bawah. Duduk di tengah biasanya di rasa nyaman bagi kebanyakan orang. Duduk di kelompok atas bagian kiri dan kanan hanya perlu geser sedikit arah matanya untuk melihat gambar di arah berlawanan.

Perlu diingat, mau duduk di kursi bagian manapun harganya sama. Oleh karena itu, pilihlah bangku sesuai kebutuhan dan keinginan. Salah memilih bangku akan membuat menderita selama menonton bioskop. Zaman sekarang tidak ada lagi menonton berdiri karena kursi sudah penuh. Jadi, jika kursi buat film tersebut sudah habis alangkah baiknya pindah ke jam berikutnya atau jika benar-benar sudah habis lebih baik ganti
film atau besok hari aja daripada membuat antrian makin panjang.


ilustrasi denah studio bioskop\
sumber gambar: http://i1182.photobucket.com/albums/x452/sakawmakaw/Mtix/kursi1_zps40eb6644.jpg


Setelah itu petugasnya akan memperlihatkan kebenaran data untuk tiket kita. Bayar sesuai dengan harga karcisnya dan baru dikasih karcis.


Karcis sudah di tangan, maka kita sudah mendapatkan izin untuk masuk studio tempat film ditayangkan. Sebelum menonton, apabila kita hendak membeli makanan silakan menuju kantin atau refreshment. Harga yang ditawarkan lebih tinggi sedikit dari harga pasaran dan tersedia paket-paket hemat. Sebelum nonton bioskop alangkah baiknya untuk kencing atau pipis dahulu daripada harus keluar ruangan teater untuk pipis dan kehilangan bagian penting di film. Tidak usah khawatir, kencing gratis di bioskop.

Setelah itu, kita lebih baik mencari ruangan studio tempat film kita diputar. Bioskop zaman sekarang memiliki banyak studio, jadi jangan salah masuk studio. Toh, di depan studio sudah ada angka yang besar untuk menandakan nomor studionya jadi kemungkinan untuk salah studio tidaklah besar. Sering kali yang menjadi masalah adalah kebingungan mencari lokasinya karena ada yang sampai dua lantai.

Di bioskop group 21 terdapat sebuah pengingat khas yang sama di tiap bioskopnya, yaitu suara seorang Ibu yang mengabarkan studio-studio di sana. Jika kira-kira kata-katanya adalah "Pintu teater sekian telah dibuka, kepada penonton yang telah memiliki karcis dipersilakan memasuki ruangan teater". Artinya kita sudah bisa memasuki studio tersebut. Jika kata-katanya sudah menjadi "Pertunjukan film di teater sekian telah dimulai, kepada penonton yang telah memiliki karcis, tetapi masih berada di luar teater, dipersilakan memasuki ruangan teater." Artinya kita sudah harus buru-buru memasuki ruangan teater karena filmnya udah dimulai dan iklannya sudah habis. Di bioskop grup blitzmegaplex tidak ada pengingat jadi berhati-hatilah.

Setelah mendengarkan aba-aba pastinya kita menuju studio tempat kita nonton. Keluarkan karcis kita dan akan dirobek sama petugas yang berdiri di depan pintu studio. Petugas ini bukan bermaksud jahil membuat kita harus membeli tiket lagi karena tiket kita dirusak tetapi disobek menjadi dua bagian sesuai bagian yang ada buat yang satu jadi arsip bioskop sedangkan satunya buat kenang-kenangan buat kita.

Jika kita masuk studio sebelum aba-aba "pertunjukan film di teater sekian ....", maka kita akan kebagian iklan-iklan berupa iklan komersial, iklan trailer film-film, dan pengumuman. Waspadalah dan berhati-hatilah jika mengajak anak-anak karena iklan trailer film yang ditayangkan kadang  berisi film horor bahkan horor +.


ilustrasi bahwa trailer dan iklan akan ditayangkan sebelum bioskop dimulai
sumber: http://us.images.detik.com/content/2012/06/12/10/iklanfokebioskop.JPG


Perlu diketahui jika kita memasuki studio sebelum film dimulai, ruangan studio akan nyala lampunya. Jika film sudah dimulai maka studio akan gelap gulita dan petugas penyobek tiket akan menuntun kita menggunakan senter hingga baris kita saja. Masuk ketika sudah gelap gulita cukup repot apalagi duduknya jauh dari aisle karena harus melewati beberapa pasang dengkul dan beberapa pasang yang lagi pacaran. Nomor tempat duduk di studio yang sudah agak tua terletak di belakang bangku yang mana kalau sudah gelap cukup merepotkan karena tidak kelihatan. Apabila sudah masuk studio dan film belum diputar serta kita ingin jajan, biasanya ada petugas yang menjajakan makanan (popcorn) dan minuman. Petugas ini biasanya baik karena biasanya menerima order makanan atau minuman yang tidak sedang dijajakan tetapi ada di bagian refreshments. Untuk kelas tertentu terdapat bel buat panggil petugasnya.


Anggaplah sekarang film sudah dimulai, penulis merangkum beberapa aturan yang dilarang di bioskop atau yang mengganggu penonton lainnya
1. Meletakkan kaki di atas bangku penonton di depan kita. Hukumannya bisa disuruh keluar dari bioskop
2. Berbicara keras-keras di dalam studio bioskop
3. Mengunyah dengan mengeluarkan bunyi cap-cap-cap
4. Minum hingga keluar suara slurrrtttt~
5. Kentut di dalam ruangan
6. Jalan-jalan di dalam ruangan tapi cuma buat meluruskan kaki saja
7. Berdiri karena pegal duduk
8. Memainkan telepon genggam
9. Merekam dan mengambil gambar karena namanya pembajakan
10. Merokok di dalam ruangan
11. Menjadi peramal karena sudah hapal isi film
12. Tertawa di bagian yang tidak lucu
13. Menjaili penonton lainnya
14. Melempar-lempar barang apalagi sampah ke arah yang salah
15. Meludah dan membuang permen karet di sembarang tempat
16. Tidur mendengkur

Selain larangan ada juga hal-hal yang ternyata boleh dilakukan di bioskop
1. Keluar buat pipis dan balik lagi
2. Keluar buat membeli makanan
3. Keluar karena tidak bisa melanjutkan acara
4. Keluar ketika pergantian rol film (hal yang sudah langka untuk di zaman sekarang)

Setelah film selesai ditayangkan maka lampu akan menyala terang dan kita diwajibkan meninggalkan studio lewat pintu exit yang sudah ditunggui sama petugasnya. Petugasnya akan berdiri mengumbar senyum dan mengucapkan terima kasih. Jika menonton yang pake kacamata (3d atau 4dx), maka harap tidak membawa pulang kacamata tersebut. Dengan itu, maka berakhir sudah menonton bioskop. Sekian dan terima kasih.


Gambar-gambar yang mungkin membantu
gambar box office  (tempat beli tiket) dan concessions (tempat beli camilan) di bioskop 21


















Artikel mengenai bioskop lainnya:
Tips menonton midnight show bagi pemula
- Tips menonton bioskop bagi pemula
- Daftar terlengkap bioskop 21 yang sudah tutup
daftar yang hilang dari bioskop 21


32 komentar:

  1. primajasa travel .jadwal keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta :07:15 - 08:15 - 09:15-10:15 – 11:15 – 12:15 – 13:15 – 14:15 – 15:15 – 16:15 – 17:15 – 18:15 – 19:15 – 20:15 – 21:15 -22:15 – 23:15 /keberangkatan dari bandung ke Bandara jadwal >>>> 23:15 – 00:15 – 01:15 – 02:15 – 03:15 – 04:15 – 05:15 – 06:15 – 07:15 – 08:15 – 09:15 – 10:15 – 11:15 – 12:15 – 13:15 – 14:15 – 15:15 – 16:15 17:15 ~~~~~~~primajasa travel bisa turun di Bandung .,pasteur.gedung sate 🚐primajasa.travel
    Primajasa Travel Bdg-Soetta
    Informasi & reservasi : Jl. Diponegoro no.32, Bdg : +6227273402 / +6281221085084 (sms) : travel.primajasa@gmail.com Bandara Soekarno Hatta 📞 : +6285319432636

    BalasHapus
  2. Akhir'a ane tau jg cara pesen tiket bioskop :v :v

    BalasHapus
  3. Jadi mqksud agan ini apa:3D, di premiere, di velvet, di satin, 4DX. & nanti kalok maauk bioskop nya pas kapan....

    BalasHapus
  4. mau tau ga cara biar gak repot? pake layanan Diana(www.halodiana.com) aja, caranya gampang banget tinggal chat Diana(www.halodiana.com) kamu pingin pesankan tiket langsung diana pesankan...

    BalasHapus
  5. min,mau nanya.. kalau saya 15 tahun ingin nonton film yang berkategori dewasa bisa gk ? apa harus pakai KTP ? kalau saya nonton sendiri,apa saya ditahan oleh Security ? Plis jawab cepat min.. :)

    BalasHapus
  6. min,mau nanya.. kalau saya 15 tahun ingin nonton film yang berkategori dewasa bisa gk ? apa harus pakai KTP ? kalau saya nonton sendiri,apa saya ditahan oleh Security ? Plis jawab cepat min.. :)

    BalasHapus
  7. Saya beli tiket nonton lewat aplikasi ayopop. Gampang, tinggal klik. Ga pake ngantri. Cobain deh http://m.onelink.me/166ff20c

    BalasHapus
  8. Kalau ini berdasarkan pengalaman oribadi saya :D https://www.octamovie.com/tips-sebelum-menonton-bioskop-teknis/

    BalasHapus
  9. Min, mau tanya, jam buka bioskop jam berapa? Knp hrs dtng lebih awal?

    BalasHapus
  10. Sip.. Semoga bisa membantu pemula kyak gw yg jarang pergi nonton sndiri wkwk

    BalasHapus
  11. Sore..apakah ada batasan utk pembelian tiket anak kecil(mulai usia brp anak kecil wajib beli tiket?).trims

    BalasHapus
  12. Emang ada ya yg jln2 krn meluruskan kaki gt? Hehe

    BalasHapus
  13. Terima kasih, artikel yg sangat membantu

    BalasHapus
  14. Artikelnya sangat bermanfaat friends

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat bermanfaat friends

    BalasHapus
  16. langsung beli Online enak tu gaa ngantri 😪

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Misalnya tempat duduknya f9 itu cara nyarinya gimana?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...